Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

10 Sikap yang BENAR untuk Memulai Bisnis Sendiri

10 Sikap yang BENAR untuk Memulai Bisnis Sendiri

Salam……

Bukan suatu hal mudah untuk memulai bisnis sendiri, tetapi sebaliknya, juga bukanlah hal sulit untuk dilakukan. Memulai bisnis pribadi merupakan hal yang menakutkan, dan sekaligus menarik. Mengapa? Di satu sisi, hal ini dapat menimbulkan Resiko besar, sedangkan di sisi lain, kesempatan besar dalam kehidupan juga sedang menanti.

Oleh karena itu, sangat masuk akal jika Anda menjadi ingin tahu, apa saja sebenarnya, yang terlibat dengan diri Anda pada saat memulai berbisnis, dan apa saja yang bisa membuat langkah bisnis Anda ini bisa sukses.

Ini ada beberapa hal, yang mungkin bisa membantu Anda untuk memikirkannya sebelum terjun langsung membuka sebuah bisnis:

1. Carilah jalan dari beberapa cara bisnis konvensional, dan cobalah. Di sini Anda tidak harus, dan memang tidak perlu langsung melakukan cara yang benar bukan? So, Business is Learning by Doing, isn’t it?

2. Jadilah orang yang kreatif, fleksibel, dan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi, dengan mendapatkan informasi tentang pangsa pasar, dan peristiwa-peristiwa yang baru saja terjadi, yang sekiranya bisa mempengaruhi pangsa pasar itu.

3. Apa tujuan pribadi Anda untuk berbisnis sendiri ini? Apa yang Anda kehendaki dalam hidup? Jenis penghasilan seperti apa yang Anda inginkan? Di manakah Anda berada 5 tahun, 10 tahun mendatang? Ini semua bisa menyatakan tujuan pribadi Anda, dan ini bukan hal sepele. Anda harus memiliki dan mengetahui tujuan pribadi yang benar-benar penting bagi Anda, karena perlu Anda ketahui, bukankah bisnis itu sendiri merupakan sesuatu yang menuntut?

4. Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda sedang melakukan sesuatu yang ingin dilakukan? Apakah Anda bekerja dengan orang-orang yang memang Anda ingin bekerja sama untuk melakukannya? Apakah menurut Anda, kira-kira pengembalian investasi sudah bisa seperti yang diharapkan? Jika ternyata muncul perasaan tidak senang, tidak “mood”, maka bisa jadi Anda tidak akan menjadi pengusaha yang baik dan sukses.

5. Punyai ide bisnis yang disertai hasrat membara atau “passion” pribadi untuk segera memulai dan mengoperasikannya. Hasrat pribadi ini semestinya menjadi bagian dari apa yang Anda kehendaki dalam hidup. Jika tidak, jangan harap Anda bisa mengubah semua ide Anda menjadi bisnis yang sukses.

6. Lihat kembali dan pikirkan pengalaman kerja Anda. Pengalaman kerja adalah bagian dari ide bisnis. Jika Anda ingin membuka sebuah bisnis, ada baiknya jika Anda ikut program “on the job training” atau magang kerja lebih dulu di bisnis yang sekiranya Anda inginkan.

7. Harus berusaha memiliki pengetahuan dasar berbisnis, jangan ngawur atau percaya begitu saja “omongan ngawur” tokoh-tokoh bisnis yang sudah jadi milyarder…yang sering bilang, bahwa kalau mau bisnis ya jalanin aja gak perlu mikir. Saya jamin pada akhirnya, jika Anda mengikuti begitu saja “anjuran ngawur” itu, maka Anda akan benar-benar mikir belakangan, dan pusing seribu keliling, akibat bisnis Anda hancur, alias bangkrut dengan hutang melimpah. Ingat, pengetahuan dasar berbisnis ini merupakan salah satu pintu masuk untuk memulai bisnis Anda sendiri. Naluri, perasaan, ataupun intuisi bukanlah pengganti untuk pengetahuan. Jadi Anda harus mau belajar mendalami bisnis dengan ilmu pengetahuan.

8. Bertanyalah pada hati nurani Anda. Apakah Anda ingin mulai membuka bisnis baru itu karena ingin cepat menjadi kaya raya? Apakah Anda ingin cepat menjadi milyarder? Menurut saya, jika Anda ingin memulai bisnis sendiri dengan sikap seperti tersebut, maka itu bukanlah sikap yang benar. Uang memang penting, tetapi itu akan datang kemudian seperti yang Anda inginkan…setelah Anda melakukan usaha keras, tekun, pantang menyerah, dan dengan rasa hasrat membara.

9. Punyai “inner vision”, yang mengarahkan Anda untuk melakukan semuanya dengan sebaik-baiknya! Berikan sesuatu yang dibutuhkan orang. Dengan “inner vision” seperti ini, maka yakinlah Anda akan dihargai orang terus-menerus, meskipun mungkin pada awalnya Anda belum menghasilkan uang yang banyak.

10. Jika Anda sudah memiliki sikap mau melakukan semuanya dengan sebaik-baiknya, maka ini akan membentuk Anda untuk memiliki komitmen sukses, dan membuat Anda untuk terus melangkah dari keadaan sekarang, untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Dan, pada gilirannya nanti, Anda akan menjadi seorang yang kaya ide, punya visi, dan sanggup menerapkan sesuatu yang lebih baik daripada orang lain, bahkan orang yang mungkin Anda lihat sebagai sosok terbaik pada saat ini.

Nah, rekan-rekan entrepreneur, jika Anda bisa melakukan kesepuluh hal di atas tersebut, maka InsyaAllah saya yakin… hal itu akan menjadikan Anda sebagai orang yang tidak puas dengan pekerjaan dan hasil kerja yang rata-rata (average), tetapi Anda akan menjadi orang yang puas dengan melakukan pekerjaan dan menghasilkan sesuatu yang besar (superior).

Inilah menurut saya suatu sikap yang penting dan benar ketika Anda mau memulai bisnis pribadi. Dan, jika Anda merasa telah memiliknya, maka Anda memang pantas memulai bisnis pribadi buat masa depan Anda dan keluarga Anda. Jadi, mau tunggu apa lagi?

Semoga bermanfaat, dan sukses selalu.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Comments

8 Komentar untuk  “10 Sikap yang BENAR untuk Memulai Bisnis Sendiri

pakdecholik
1 August 2009, 09:14
 

Saya memang ingin belajar bisnis mas, tapi kok nggak bisa2 ya, sering ketipu. Maklum nggak terlalu ngopeni.
Mantap tipsnya.

Salam dari Sukolilo

6 August 2009, 22:35
 

Yup,.. bener bgt mas, menurut ak keberanian ada 2 macam: berani karna emang tau and berani krna emang g tau alias nekat. Nah kembali ke konteks business development, option kedua ini yg berbahaya,.. klo cuma nekat buat terjun membuka sebuah bisnis tnpa bekal knowledge ya yg trjadi always learning by doing, need more energy, time dan juga cost. Beda klo uda punya knowledge jd semua strategi pengembangan bisnis udah terkonsep and planningnya juga tersistem dg baek, so kita selalu siap dg alternative plan saat nemuain kendala dilapangn,..

Oh,.. ya klo boleh ngasih masukan. Stlh ak muter2 disini,.. trnyata artikelnya OK-OK and inspiring bgt, tapi anehnya dikit bgt yg comment mas, padahal niy termasuk outstanding content menurut ak,.. hmm,.. mgkn klo mas nano lebih open lagi buat discuss alias visitor g perlu register buat comment, ak yakin bgt disini bakalan rame bukan maen,.. klo mslh database,.. ak yakin ko bakalan banyak org yg subscribe newsletter via feedburner or yg laen,..

Hehe,.. cuma masukan sech mas,.. Sukses :-)

10 September 2012, 13:51
 

Saya benar-benar membutuhkan sepuluh kiat ini. Minta ijin salin sebagai pengingat diri untuk maju menjadi enterpreneur. Memang sudah berkali-kali gagal, namun sampai sekarang jiwa wirausaha masih hidup dan bergejolak. Ingin memulai lagi sesuatu yang membuat jiwa ini terasa hidup. Terimakasih.

Jupriadi
8 November 2012, 22:00
 

Mas Wury , bisakah berikan contoh yang simple setiap sikap seperti sikap ke 6
karna saya pingin sekali mencoba usaha sendiri dan menjadi impian untuk membayar bukan seperti saat ini dibayar.

terimakasih atas saran dan petunjuknya semoga brmanfaat bagi semua orang.Amin

JAWABAN:
Pengalaman kerja tentunya membuat anda lebih matang secara emosi. Jika saat ini anda bekerja di perusahaan yang ternyata sesuai dengan keinginan bisnis anda, itu sebuah keberuntungan. Jika tidak pun, anda sudah punya pengalaman dan tahu bagaimana mengerjakan tugas di perusahaan, yang nantinya bisa diadaptasikan dengan bisnis anda. Ada baiknya anda juga bisa belajar dengan cara magang kerja, di sebuah bisnis seperti yang anda inginkan. Misalnya, anda ingin buka bisnis percetakan, cobalah untuk mengajukan diri ke perusahaan percetakan untuk membantu pekerjaan di sana TANPA perlu digaji, magang tidak digaji. Upayakan pendekatan ke pimpinan perusahaan tsb, agar anda diperbolehkan magang di perusahaannya. Nah, anda bisa bekerja dan mengamati bagaimana menjalankan perusahaan percetakan tsb. Namun anda harus menjaga sikap profesionalisme, dan tidak mengesankan hanya mengambil keuntungan belajar, apalagi jika sampai bersikap seperti “mata-mata”… sikap ini harus dihindari. Demikian contohnya, semoga sukses memulai bisnis.

24 December 2012, 08:52
 

Seharusnya pengetahuan2 tentang bisnis seperti ini harus telah di ajarkan di sekolah menengah atas SMA dan SMK ,, agar pola pikir generasi muda bangsa ini mulai berubah dan menyadari bahwa bisnis adalah merupakan masadepan yang mampu memakmurkan diri pribadi, dan negara ini,, ngga sprti saat ini ,, stelah keluar dari bangku sekolah ujung2nya hanya jadi budak modern / karyawan perusahaan2 besar yang minim konstribusi pada tujuan bangsa ini yaitu memakmurkan seluruh rakyat negeri ini .. salam .. !!

Nor (GSM)#2
27 August 2014, 11:10
 

Tips’a bermanfaat bagi kami semua yg mulai berbisnis dri bawah.salam sejahtera.

28 September 2016, 20:24
 

Jangan ragu untuk investasi ilmu,
Banyak-banyak ikut kursus ilmu yg praktis ..

maimunkhan
16 December 2016, 22:46
 

sy sangat senang dlm pembahasan tentang bisnis,,,,persoalannya sy sendiri adalah seorang yg lagi belajar tentang bisnis,,walaupun bisnis sy masih dihitung kelas menengah kebawah,,,,tapih sy sangat bersyukur alhamdulillah sekarang sdh bisa memiliki rumah sendiri,,,walau hanya rumah sederhana,,,asli sy dr aceh,,sekarang sy tinggal di kota magelang jawa tengah kelahiran thn 1982,seorang perantau hinjrah dr propinsi ke propinsi,merantau dgn modal pas2san,,tapih alham dulillah sekarang bisa pertahan dr sy di kota magelang,emang kalau kita bahas bisnis tdk ada habisnya,,,tapi sy sarankan kepd teman2 semua,,,jgn takut untk berbisnis,,,atas semua yg anda ingin lakukan tdk mengganggu orang lain atau merugikan orang lain maka lakukanlah apa yg anda sekiranya ingin dilakukan,insya allah anda pasti berhasil,,,,awalkan semua yg anda ingin lakukan dgn awalan bisminlah-apapun sekecil apa,,maka anda akan menuju kesukses,,,percaca dan tdk,,,bisa anda buktikan.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video