Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

Cara Meningkatkan KUALITAS Mental ENTREPRENEURSHIP

Cara Meningkatkan KUALITAS Mental ENTREPRENEURSHIP

Dear All,

Kadangkala dalam berbisnis, ada berbagai halangan, yang dapat menjatuhkan mental kita, membuat kita merasa gagal, dan jika hal itu tidak segera kita tangani dengan baik, bukan tidak mungkin, kita akan menjadi stres dan akhirnya depresi. Saya ingin berbagi mengenai beberapa cara yang saya lakukan untuk membantu meningkatkan kualitas MENTAL ENTREPRENEURSHIP pada diri saya. Semoga saja bisa bermanfaat bagi rekan-rekan Entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya.

Ada 9 (sembilan) hal yang saya lakukan yaitu:

1. Memurnikan Niat Awal Berbisnis

  • Lihat kembali Niat Anda pada saat ingin mulai bisnis sendiri. Apakah murni dari pikiran dan hati nurani Anda? Ataukah Anda semata tergiur melihat pebisnis yang sudah mapan dan bergelimang harta?
  • Jika memang murni dari pikiran dan hati nurani, maka Anda pasti bisa menyiapkan diri jauh lebih baik secara mental dan fisik untuk memulai berbisnis sendiri. Anda tahu segala resiko dan bisa memakluminya. Tetapi jika karena tergiur harta semata, maka bersiaplah untuk jadi pecundang, yang senang menyalahkan segala sesuatu selain dirinya sendiri.

2. Mengingat Visi Utama Bisnis Anda

  • Saat memulai sebuah bisnis, semestinya Anda sudah menetapkan Visi Anda, apa yang menjadi dasar pijakan untuk mengembangkan bisnis Anda itu sehingga akan semakin berkembang di masa depan. Tanpa Visi, jangan harap bisnis Anda bisa maju pesat.

3. Memahami dan Menghayati Misi Bisnis Anda

  • Seperti halnya Visi, maka Anda pun harus menyiapkan Misi atau Aksi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri. Siapkan Sasaran-Sasaran Bisnis Anda, langkah-langkah apa yang diperlukan untuk meraih sasaran bisnis tersebut. Tanpa memahami dan menghayati misi bisnis ini, Anda akan menyesal di kemudian hari.

4. Meyakini Sedang Melakukan Misi Bisnis Besar

  • Ini hal wajib yang harus ada di benak pikiran Anda, yaitu yakin bahwa bisnis yang Anda jalankan ini adalah Bisnis Besar. Jangan pernah sekalipun meremehkan bisnis Anda sendiri, meskipun awalnya masih kecil.

5. Menenangkan Diri Sebelum Melakukan Misi Bisnis

  • Harus tetap waspada kepada diri Anda sendiri. Saat memulai bisnis, bisa saja Anda terlalu “euphoria” … terlalu bersemangat tak terkendali. Ini justru sering jadi penghambat jalannya bisnis Anda. Segala sesuatu yang tak terkendali pasti berakibat tidak baik … meskipun yang tak terkendali itu semangat Anda. Oleh sebab itu,  diperlukan ketenangan diri sebelum bertindak menjalankan misi bisnis Anda.

6. Konsisten Dalam Melaksanakan Bisnis

  • Anda pun harus tetap konsisten dalam segala hal untuk mengembangkan bisnis Anda. Konsisten artinya, Anda harus tetap melangkah maju … apa pun halangan di hadapan Anda … Anda tetap harus maju terus pantang mundur … Jangan pernah menyerah, jangan pernah kalah. Menyerah dan Kalah itu sebenarnya hanya ada di dalam pikiran Anda.

7. Menjaga Bisnis Dari Segi Kualitas Produk Dan Layanan

  • Sejak Anda sudah berniat memulai bisnis sendiri, segi kualitas produk dan layanan ini harus sudah Anda canangkan di dalam program bisnis Anda, terutama di dalam pikiran dan hati nurani Anda.

8. Melakukan Upaya Promosi Bisnis Secara Bijak

  • Bisnis bisa berkembang tentu butuh promosi. Dalam rangka mempromosikan bisnis Anda ini, mesti bisa bersikap bijak. Pengertiannya, jangan terlalu berlebihan mengunggulkan bisnis Anda. Berpromosi bahwa bisnis Anda memang sangat berkualitas … itu boleh dan sah-sah saja. Tetapi jika terlalu berlebihan, biasanya calon partner atau calon pelanggan Anda justru bertanya-tanya di dalam hatinya … benar nggak sih?  Bahaya berlebihan dalam promosi ini, bisa saja Anda meremehkan pesaing bisnis Anda … ini tentu saja bisa berdampak negatif bagi bisnis Anda.

9. Banyak-banyak Mengingat ALLAH SWT, Sebelum, Pada Saat, dan Setelah Berbisnis

  • Anda harus ingat! Bahwa sesungguhnya bisnis Anda itu sudah disediakan sebelumnya oleh Allah SWT. Anda bisa memulai bisnis juga karena ridho Allah. Jadi, jangan sampai Anda merasa bahwa bisnis Anda bisa jalan karena usaha Anda sendiri. Ingatlah Allah sebanyak-banyaknya, sebelum memulai bisnis, pada saat sedang berbisnis, dan setelah Anda menyelesaikan bisnis Anda. Intinya, setiap saat pebisnis semestinya selalu mau mengingat Allah SWT. Karena Anda hanya tinggal menjemput bisnis yang sudah disediakan oleh Allah.

Demikian “sharing” pengalaman saya dalam berbisnis sendiri. Semoga saja bisa memberikan manfaat, menambah semangat berbisnis buat rekan-rekan Entrepreneur lainnya.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Comments

Comments are disallowed for this post.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video