Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

Tujuh KATA Ajaib Pemecah Masalah

Tujuh KATA Ajaib Pemecah Masalah

Pengusaha seperti halnya Pemimpin lainnya, tidak pernah takut jika nantinya dia tidak mengetahui apa-apa, atau tidak mengetahui sesuatu. Pengusaha bukanlah orang yang serba tahu. Pengusaha tidak pernah mau berkompetisi dengan karyawannya yang ahli komputer, karena karyawan tersebut yang paling paham mengenai komputer itu. Pengusaha akan memahami bahwa orang yang baik dalam suatu pekerjaan, akan mengetahui dan melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Salah satu misi utama seorang pengusaha adalah mengajari karyawan agar mau berpikir dan bisa mengandalkan dirinya sendiri. Menantang orang yang bagus, dan mampu melakukan pekerjaan, sama sederhananya dengan menanyakan sebuah pertanyaan yang sederhana.

Kadang seorang karyawan yang baik dalam pekerjaannya, menanyakan sesuatu hal mengenai solusi pekerjaannya jika mengalami hambatan atau kendala. Seorang pengusaha tidak akan pernah menjelaskan kepada karyawannya, bagaimana menyelesaikan masalah itu, atau keputusan apa yang harus diambil. Seorang pengusaha tidak akan mengatakan kepada karyawan yang baik itu, apa yang harus dilakukannya. Pengusaha membolehkan karyawan yang baik itu, untuk membuat keputusan sendiri, untuk mengambil risiko, untuk membuat kesalahan, untuk belajar dari kesalahan, untuk mengevaluasi pilihan yang telah ditetapkan, dan bahkan dirugikan oleh pilihan orang lain.

Itulah sikap seorang pengusaha terhadap karyawannya yang baik dalam pekerjaannya, karena karyawan yang baik itu diharapkan kelak menjadi Leader dalam perusahaannya; yang bisa berpikir dan mengandalkan dirinya sendiri untk memecahkan masalah apa pun. Inilah pelajaran Kepemimpinan yang sangat berharga bagi karyawan yang baik. Pelajaran Kepemimpinan yang bisa dipetik dari seorang pengusaha itu ketika seorang karyawan bertanya, meminta nasihat atas pekerjaannya; maka dia selalu akan mendapatkan jawaban, “Saya tidak tahu. Bagaimana menurut pendapat Anda?”

Itulah sebuah penghargaan dari pengusaha kepada karyawannya yang baik, penghargaan tentang pelajaran kepemimpinan. Penghargaan tentang TUJUH KATA AJAIB dalam pemecahan masalah. Ketika seorang pengusaha menjawab pertanyaan karyawannya dengan kalimat, “Saya tidak tahu.” maka makna kalimat itu akan mengakibatkan orang lain berpikir. “Saya tidak tahu” merupakan pengakuan terhadap kemampuan dan pendapat orang lain untuk bernalar. Ekspresi itu memungkinkan orang yang ahli dalam sebuah bidang, menggunakan pengetahuannya atau keahliannya.

“Saya tidak tahu, Bagaimana menurut pendapat Anda?” akan mengundang banyak orang yang ahli dibidangnya, untuk mengatakan apa yang mereka pikirkan dalam usaha memecahkan permasalahan yang ada. Itulah yang disebut dengan MANAJEMEN. Tujuh Kata Ajaib ini, beserta keberanian dan kepercayaan diri dalam menyampaikannya secara sederhana, maka bisa dipastikan menghasilkan hikmah yang Luar Biasa Prima! Selamat menggunakan Tujuh Kata Ajaib yang sederhana namun bermakna sangat dalam ini.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Comments

Comments are disallowed for this post.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video