Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

PERTANYAAN Adalah JAWABAN

PERTANYAAN Adalah JAWABAN

Mengingat masa kecil adalah sangat menyenangkan. Dunia masa kecil kita isinya hanyalah kegembiraan, bermain-main, dengan segala kepolosan dan keingintahuan anak-anak, yang selalu ingin mendapatkan jawabannya, Yah, anak-anak selalu punya rasa ingin tahu terhadap segala sesuatu, mereka selalu bertanya akan hal itu… Dan… mereka juga sepenuhnya memiliki keteguhan untuk mendapatkan jawaban!

Pada saat kita beranjak dewasa, seringkali rasa ingin tahu sebagaimana anak-anak itu, sudah sangat jauh berkurang. Sebagian besar dari kita, orang dewasa sudah tidak ada lagi rasa penasaran layaknya anak-anak. Mungkin hal itu disebabkan oleh banyaknya kesibukan sebagai orang dewasa, sehingga rasa penasaran itu perlahan memudar, sehingga tidak ada lagi pertanyaan yang perlu ditanyakan untuk memperoleh jawaban.

Seiring dengan kemajuan zaman, ternyata sikap keingintahuan anak-anak itu semakin diperlukan. Pertanyaan karena rasa penasaran sebagaimana anak-anak, tetap diperlukan untuk kehidupan kita sebagai orang dewasa. Pertanyaan ibarat sinar laser dari kesadaran manusia, yang dapat digunakan untuk meruntuhkan setiap rintangan atau tantangan.

Albert Einstein pernah berkata, “Sesuatu yang penting adalah jangan berhenti bertanya. Keingintahuan memiliki alasannya sendiri untuk tetap ada. Seseorang tidak mungkin tidak merasa kagum ketika ia merenungkan misteri-misteri keabadian, kehidupan, struktur mengesankan dari kenyataan. Adalah sudah cukup, jika seseorang mencoba untuk memahami sedikit dari misteri ini setiap hari. Jangan pernah kehilangan rasa ingin tahu,”

Inspirasi dari ucapan Albert Einstein ini dapat membuat perbedaan antara orang-orang sukses dan yang tidak sukses atau belum sukses. Apakah perbedaan utama antara orang-orang sukses dan yang tidak atau belum sukses? Jawabannya cukup sederhana. Orang-orang sukses adalah mereka yang menanyakan pertanyaan yang lebih baik, sehingga mendapatkan jawaban yang lebih baik. Ketika masa perkembangan mobil masih pada tahap awal, ratusan orang berkerumun untuk membuatnya, tetapi Henry Ford memisahkan diri dengan bertanya, “Bagaimana saya dapat memproduksi mesin yang demikian secara masal?” Dan, akhirnya kita semua tahu siapa sosok hebat Henry Ford.

Apakah Anda setuju atau tidak dengan pernyataan berikut? Berpikir adalah bukan apa pun selain proses bertanya dan menjawab pertanyaan. Untuk menanggapinya, tidakkah Anda harus bertanya kepada diri Anda sendiri, sebuah pertanyaan seperti, “Apakah itu sungguh-sungguh benar?” atau “Apakah saya setuju dengan apa yang ia katakan?”

Sebagian besar proses berpikir kita, dari mengevaluasi (”Bagaimana seperti itu?”) hingga membayangkan (”Apa yang mungkin?”), dan memutuskan (”Apa yang akan saya lakukan?”) — pasti melibatkan proses Bertanya dan Menjawab pertanyaan. Oleh karena itu, jika kita ingin mengubah mutu hidup kita, maka kita harus mengubah apa yang biasanya kita tanyakan mengenai diri kita dan orang lain.

Mutu pertanyaan, menciptakan mutu hidup. Perusahaan akan berhasil ketika para pembuat keputusan, menanyakan pertanyaan yang benar, mengenai lini produk atau pasar, atau perencanaan strategis lainnya. Hubungan akan lebih baik, jika orang-orang menanyakan pertanyaan yang benar mengenai di mana kemungkinan konflik berada, dan bagaimana saling mendukung daripada saling menjatuhkan. Masyarakat akan mengalami kemajuan, ketika pemimpin menanyakan pertanyaan yang tepat, mengenai apa yang paling penting dan bagaimana warga negara dapat bekerja sama untuk mewujudkan tujuan bersama.

Pertanyaan membentuk efek proses yang memiliki dampak besar di luar bayangan kita. Untuk apa pun yang ingin Anda tingkatkan dalam hidup Anda, terdapat pertanyaan yang dapat Anda tanyakan, yang akan memberikan jawaban kepada Anda — Solusi yang dapat melontarkan Anda dan orang-orang yang Anda cintai ke tingkat keberhasilan dan kebahagiaan yang lebih tinggi.

Kalau kita lihat kemajuan di segala bidang, pasti itu diawali dengan pertanyaan-pertanyaan, yang menanyakan pertanyaan mengenai mutu, komitmen, atau pun kontribusi. Seluruh kemajuan manusia adalah didahului oleh pertanyaan-pertanyaan baru. Apa pertanyaan baru yang dapat Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri, sehingga dapat muncul jawaban baru, yang dapat meningkatkan kehidupan Anda dan keluarga Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Comments

Comments are disallowed for this post.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video