Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

Cara Menjadi Public Speaker Handal

Cara Menjadi Public Speaker Handal

Bagaimana Menjadi Public Speaker Handal?

Ada tiga langkah awal yang bisa anda lakukan untuk memulai karir sebagai pembicara profesional:

1. Master Your Topic

Sebagai pembicara tentunya ada topik yang akan anda bawakan, dan inilah yang biasanya menjadi alasan utama mengapa audiens mau datang dan mendengarkan anda.

Mereka ingin mendapatkan manfaat, meningkatkan kemampuan atau mencapai kesuksesan terkait dengan topik yang anda bawakan (kecuali anda seorang selebritis).

Oleh karena itu pilihlah topik di mana anda ingin “bermain”, mungkin topik mengenai properti, investasi, motivasi, komunikasi, kesehatan dll. Pilihlah topik yang memang anda sukai dan anda kuasai. Anda tidak bisa menjadi jago dalam semua topik yang ada.

Setiap pembicara punya spesialisasi topik masing-masing, saya sendiri memfokuskan di topik entrepreneurship, komunikasi dan presentasi.

Setelah anda memilih topik, kuasai dan belajarlah secara mendalam di topik tersebut. Pilihlah ahli atau sumber dimana anda bisa mempelajari topik yang anda pilih secara lebih mendalam. Jadilah ahli/expert di topik yang anda pilih.

Ada sebuah quote bagus:

“You are not a speaker, you are an expert who speaks” – Brendon Burchard

2. Belajarlah ilmu public speaking

Pernahkan anda mendengar guyonan bahwa setiap kali ada professor yang memberikan kuliah, mahasiswanya  sampai tertidur karena tidak tahu apa yang dibicarakan?

Dalam hal ini siapa yang meragukan expertise atau keahlian dari seorang professor? Tentunya dia ahli di dalam bidang yang digelutinya.

Akan tetapi cara menyampaikan sesuatu sehingga mudah diterima dan menarik adalah hal lain lagi yang perlu dipelajari.

Public speaking dan teknik presentasi akan membantu anda bagaimana cara menyusun dan menyampaikan konten dengan cara yang mudah dimengerti dan menarik.

Saat anda ingin benar-benar mendalami ilmu ini lebih lanjut lagi, saya sarankan untuk bisa bergabung di program Workshop Public Speaking, yang nanti akan saya beritahukan kapan waktunya. Program ini bisa saya katakan adalah gudangnya ilmu presentasi yang merangkum sekian banyak tips, trik dan teknik presentasi dalam satu tempat.

3. Belajarlah bagaimana me-marketingkan diri anda

Setiap bidang usaha tentunya memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan produk (barang/ jasa) kepada khayalak ramai. Dan jika anda tidak menguasai ilmu ini bisa jadi anda kesulitan untuk mendapatkan kontrak atau menjual produk yang anda miliki _(kecuali anda memutuskan untuk menjadi pembicara bagi organisasi non profit)_.

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah mulailah memberikan value secara free. Anda bisa saja menawarkan untuk memberikan sebuah sesi di universitas, instansi atau perusahaan.

Atau di jaman sekarang ini anda bisa menulis artikel, merekam audio atau video anda dan menampilkannya di website atau sosial media yang anda kelola. Sekali lagi, anda lakukan semuanya itu secara free, tanpa mengharapkan bayaran terlebih dahulu.

Berikanlah orang lain manfaat terlebih dahulu dari ilmu yang anda miliki, selain itu anda juga bisa mendapat umpan balik dari apa yang sudah anda lakukan.

Bersamaan dengan itu kumpulkanlah daftar orang-orang yang pernah mendapat manfaat tersebut, mereka adalah calon-calon customer anda di masa mendatang bagi bisnis anda.

Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan pencerahan dan menambah manfaat bagi anda para tamu spesial website saya ini.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

Comments

Comments are disallowed for this post.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video